Sabtu, 13 Juli 2013

10 Makana Penyebab Naiknya Asam Lambung

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah merasakan rasa tidak nyaman atau sakit yang terasa perih atau seperti terbakar pada daerah ulu hati. Nyeri ini diakibatkan oleh naiknya asam yang berasal dari lambung ke kerongkongan. Hal ini biasanya terjadi setelah mengonsumsi makanan tertentu yang memicu naiknya asam lambung tersebut. Berikut adalah 10 makanan yang paling sering menyebabkan keadaan tersebut:
1. Buah Jeruk dan Anggur
Buah ini bersifat sangat asam, sehingga dapat memicu naiknya asam lambung. Lebih baik menghindari makan makanan asam ini, terutama pada saat perut kosong.
2. Tomat
Secara tidak kita sadari, tomat sebenarnya bersifat sangat asam seperti buah anggur dan jeruk, sehingga dapat pula memicu terjadinya kondisi tersebut.
3. Bawang
Sebagian besar orang yang mengalami nyeri pada ulu hati/lambung ditemukan mengalami kondisi tersebut setelah mengkonsumsi makanan dengan bawang. Namun semua itu bersifat individual.
4. Makanan Pedas
Makanan pedas selayaknya makanan asam, juga seringkali memicu terjadinya naiknya asam lambung. Jika Anda merasa makanan pedas memicu terjadinya rasa nyeri tersebut, sebaiknya untuk sementara hentikan konsumsi makanan pedas. Untuk selanjutnya bukan berarti harus menghentikan semua konsumsi makanan pedas secara total, namun harus mulai mengurangi ‘level’ dari makanan pedas yang biasa dimakan.
5. Peppermint
Pepermint, atau yang kita kenal dengan mint, dapat meningkatkan resiko terjadinya naiknya asam lambung karena makanan ini memicu terjadinya relaksasi otot yang menjaga agar makanan dari lambung tidak naik kembali ke kerongkongan.
6. Makanan berlemak
Makanan berlemak dapat memicu terjadi naiknya asam lambung karena makanan berlemak memperlambat pengosongan lambung, sehingga lambung akan lebih terdistensi sehingga lebih meningkatkan kemungkinan terjadinya aliran balik dari asam lambung ke kerongkongan.
7. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol sangat sering menimbulkan naiknya asam lambung, terutama apabila diminum bersamaan dengan konsumsi makanan dalam porsi besar. Alkohol memiliki efek yang sama seperti mint, yaitu memicu terjadinya relaksasi otot yang menjaga makanan tetap di lambung.
8. Kafein
Kopi, soda, dan teh adalah beberapa contoh makanan yang mengandung kafein. Kafein seringkali memicu terjadinya kondisi ini, oleh karena itu lebih baik membatasi konsumsi dari minuman yang mengandung kafein setiap harinya.
9. Coklat
Seperti mint dan alkohol, coklat juga memicu relaksasi otot antara lambung dan kerongkongan sehingga asam lambung dapat naik kembali ke kerongkongan.
10. Minuman berkarbon
Minuman berkarbon memicu distensi dari lambung, seperti halnya makanan berlemak. Sehingga dapat memicu naiknya asam lambung.
Walaupun 10 makanan tersebut merupakan makanan yang paling banyak menyebabkan nyeri ulu hati akibat naiknya asam lambung, namun setiap orang dapat memiliki pemicu yang berbeda-beda. Oleh karena itu ada baiknya apabila Anda mengalami kondisi ini, catat makanan apa saja yang membawa pengaruh sehingga Anda dapat mengindarinya di kemudian hari. Selain itu, untuk mencegah terjadinya kondisi ini Anda dapat menghindari  posisi berbaring setelah makan terutama dalam porsi besar.
Selain menghindari makanan pemicu, cara mudah untuk meringankan rasa tidak nyaman atau nyeri apabila anda mengalami kondisi seperti ini adalah memakan permen karet. Permen karet memicu sekresi dari saliva pada mulut yang membantu menetralkan asam lambung yang naik sekaligus membantu mempercepat pengosongan lambung sehingga membantu menghilangkan rasa nyeri atau tidak nyaman tersebut. Tetapi tentu saja lebih baik  tidak memilih permen karet dengan rasa mint. mit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar